PEDULI DATA, 6.365 PNS SOPPENG REGISTRASI e-PUPNS
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

1234wrter

Sejak portal e-PUPNS dibuka secara resmi pada tanggal 1 September 2015 Pegawai Negeri Sipil dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng begitu sadar dan paham tentang arti pentingnya kegiatan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil yang berbasis teknologi ini.

e-PUPNS ini merupakan program nasional yang bertujuan untuk memperoleh data Pegawai Negeri Sipil yang akurat, terpercaya, dan terintegrasi yang mendukung pengelolaan dan pengembangan sistem informasi kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN). Sampai saat sudah sebanyak 6.365 PNS yang telah melakukan registrasi, adapun jumlah PNS Pemerintah Kabupaten Soppeng berdasarkan pendataan terakhir sebanyak 6.381 PNS, jadi masih ada selisih 16 PNS. Dengan masih adanya selisih ini diharapkan melalui kegiatan pendataan ulang PNS ini data pegawai yang ada bisa tepat. Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah sendiri untuk menyukseskan kegiatan ini selain melakukan sosialisasi di SKPD-SKPD juga menggunakan media sosial dalam hal ini membuat grup Facebook “ePUPNS Kabupaten Soppeng” sebagai media untuk saling bertukar informasi untuk membantu para PNS dalam penginputan datanya secara online.

Kepala BKDD Kabupaten Soppeng, Drs. IDRIS, M.Si mengatakan bahwa BKDD Kabupaten Soppeng sebagai ujung tombak pelaksanaan program e-PUPNS di daerah harus mampu memfasilitasi PNS yang ada di daerah dalam pelaksanaan pendataan ulang PNS ini, di sisi lain Kepala BKDD juga mengingatkan agar PNS sendiri juga harus secara sadar dan proaktif mengikuti pendataan ulang mengingat sanksi yang akan diberikan yakni tidak akan mendapatkan layanan kepegawaian atau PNS yang bersangkutan dianggap berhenti atau pensiun. Terakhir, beliau mengharapkan dengan adanya pendataan ulang PNS ini data PNS pada Pemerintah Kabupaten Soppeng benar-benar akurat yang akan memudahkan pelaksanaan proses pelayanan kepegawaian pada BKDD Kabupaten Soppeng.

Untuk kesuksesan kegiatan ini telah diangkat sebanyak 61 verifikator level 1 yang tersebar pada seluruh SKPD dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng untuk bertugas melakukan verifikasi data yang telah dikirim oleh PNS melalui aplikasi e-PUPNS, sedangkan untuk tingkat level 2 pada BKDD Kabupaten Soppeng telah diangkat 10 verifikator level 2 yang nantinya bertugas untuk melakukan verifikasi lanjutan dari berkas PNS. Tujuan dari verifikasi ini agar memastikan ketepatan pengisian data oleh PNS untuk menghasilkan data yang akurat dan terpercaya sebagaimana tujuan dari pelaksanaan ePUPNS ini. (*Arif)

Berita Lainnya

Berita Terbaru