Seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Soppeng akan segera digelar. Seleksi yang dilakukan secara terbuka itu diselenggarakan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Soppeng yang diketuai oleh Sekprov Sul-Sel, Ir. H. ABDUL LATIF, M.Si, MM.

Dimulainya tahapan seleksi ditandai dengan surat yang diterbitkan oleh Pansel pada Rabu 13/09/2017 berupa Pegumuman Nomor : 02/PANSEL-JPTP/IX/2017 Tentang Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Soppeng. Dalam pengumuman tersebut dicantumkan ketentuan umum, persyaratan administrasi, tahapan seleksi, pendaftaran dan seleksi serta ketentuan lainnya.

“Seleksi diadakan sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah” kata Wakil Ketua Sekretariat Pansel yang juga kepala BKPSDM Soppeng, Andi Mahmud sesaat setelah pertemuan Pansel di ruang kerja Sekprov SulSel, Rabu 13/09/2017.

Dalam Surat Pengumuman tersebut disebutkan pendaftaran calon peserta bertempat di Kantor BKPSDM Kab. Soppeng. Selain itu, ada beberapa tahapan dalam seleksi diantaranya Seleksi Administrasi, Penelusuran (Rekam jejak), Kompetensi, dan Presentasi dan wawancara. Rangkaian kegiatan tahapan seleksi sudah dimulai sejak hari ini Rabu, 13/09/2017 berupa kegiatan Pengumuman, Pendaftaran dan Penerimaan serta seleksi adminsitrasi, berkas yang akan dilakukan sampai dengan 27 September 2017 mendatang. Sedangkan tahap akhir berupa kegiatan Penetapan Hasil Seleksi pada 16 Oktober 2017 mendatang.

Dalam menyelenggarakan proses seleksi nantinya, Pansel yang beranggotakan 7 orang akan dibantu dan didukung oleh beberapa Assesor dan Sekretariat Panitia yang masing-masing memiliki tugas dan tanggungjawab.

“Seleksi terbuka, jadi kami mengundang Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri. Formulir dan persyaratan lainnya dapat di akses pada situs BKPSDM Soppeng dan juga dapat langsung ke Sekretariat Seleksi di kantor BKPSDM Soppeng” terang Andi Mahmud .

“surat lamaran ditujukan kepada Ketua Pansel, dan dalam seleksi ini peserta tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun” tambah Andi Mahmud.(Hasriadi)

 

——————————————————————————————————————————–

 

SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
SEKRETARIS DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN SOPPENG

Dalam rangka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah, dengan ini kami mengundang Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri pada seleksi terbuka dengan ketentuan sebagai berikut :

A. Ketentuan Umum
1. Berstatus Pegawai Negeri Sipil;
2. Memiliki Pangkat/Golongan Ruang sekurang-kurangnya Pembina Tk.I (IV/b);
3. Sekurang-kurangnya telah 2 (dua) tahun dalam jabatan struktural Eselon II-B dan/atau jabatan fungsional ahli madya yang pernah dan/atau masih didudukinya;
4. Berusia setinggi-tingginya 56 (lima puluh enam) tahun pada saat pendaftaran;
5. Kualifikasi pendidikan minimal Strata Satu (S.1) atau D.IV;
6. Semua unsur Penilaian Prestasi Kerja dan SKP minimal bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir (Tahun 2015 dan 2016);
7. Tidak pernah atau sedang dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan atau tingkat berat dibuktikan dengan Surat Pernyataan yang diketahui oleh Pejabat setingkat eselon II yang membidangi kepegawaian;
8. Tidak pernah dan atau sedang dalam proses peradilan pidana yang dibuktikan dengan surat Pernyataan yang diketahui oleh Pejabat setingkat eselon II yang membidangi kepegawaian;
9. Sehat Jasmani dan rohani, dan bebas narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter dari Rumah Sakit Umum Daerah Latemmamala Kabupaten Soppeng

B. Persyaratan Administrasi

Berkas Administrasi yang harus dilampirkan :
1. Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditanda tangani sendiri oleh pelamar dengan tinta hitam bermaterai Rp. 6000 (Formulir I);
2. Fotocopy SK Kenaikan Pangkat terakhir yang telah dilegalisir;
3. Fotocopy SK Pengangkatan dalam Jabatan Eselon II dan/atau Fungsional Ahli Madya yang pernah dan atau sedang diduduki yang telah dilegalisir;
4. Fotocopy Ijazah Terakhir beserta transkrip Nilai yang telah dilegalisir;
5. Surat Pernyataan tidak pernah atau sedang dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan atau tingkat berat, serta tidak pernah dan atau sedang dalam proses peradilan pidana (Formulir II);
6. Asli Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari dokter Rumah Sakit Umum Daerah Latemmamala Kabupaten Soppeng;
7. Fotocopy Penilaian Prestasi Kerja dan Capaian Sasaran Kerja Pegawai Tahun 2015 dan Tahun 2016 yang telah dilegalisir oleh Atasan langsung;
8. Pas Foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 2 (dua) lembar dengan latar belakang warna merah;
9. Menyerahkan Daftar riwayat hidup (Formulir III) sebanyak 8 rangkap;
10. Menyerahkan Renstra yang dibuat dalam bentuk makalah minimal 5 halaman sebanyak 8 rangkap dan dalam bentuk power point untuk persiapan expose.
11. Khusus bagi pelamar yang berasal dari luar Pemerintah Kabupaten Soppeng agar melampirkan Surat Rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian yang bersangkutan perihal kesediaan melepaskan untuk bertugas di Pemerintah Kabupaten Soppeng bila terpilih.

C. Tahapan Seleksi

1. Seleksi Administrasi
a. Panitia Seleksi melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
b. Panitia Seleksi menetapkan dan mengumumkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi selanjutnya.
2. Penelusuran (Rekam Jejak Calon)
Dilakukan melalui penelusuran rekam jejak jabatan, pengalaman, kinerja, pendidikan dan perilaku untuk melihat kesesuaian dengan jabatan yang dilamar.

3. Seleksi Kompetensi
Seleksi kompetensi tertulis dan assesment centre dilaksanakan oleh Tim Penilai Kompetensi melalui test/uji kompetensi (Teknis, Manajerial dan Sosial Kultural).

4. Presentasi dan wawancara
Peserta seleksi melakukan presentasi atas makalah yang telah dibuat dihadapan Tim Seleksi serta tim seleksi melakukan wawancara tentang pengetahuan dan sikap peserta seleksi terhadap bidang jabatan yang dilamar

D. Pendaftaran Dan Seleksi
1 Pengumuman, Pendaftaran, Penerimaan berkas :  13 – 27 September 2017
2 Seleksi Administrasi (10 %) : 13 – 27 September 2017
3 Pengumuman hasil seleksi administrasi : 29 September 2017
4 Seleksi Kompetensi : 2 – 4 Oktober 2017
• Assement Centre (40 %)
• Wawancara (40 %)
• Makalah (10 %)

5 Penyampaian hasil dari Panitia Seleksi ke Pejabat yang berwenang : 5 Oktober 2017
6 Pengumuman Hasil Seleksi  : 5 Oktober 2017
7 Penyampaian 3 Calon hasil seleksi kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (Bupati Soppeng) : 5 Oktober 2017
8 Penyampaian Hasil ke KASN : 9 s/d 11 Oktober 2017
9 Penetapan Hasil Seleksi : 16 Oktober 2017
Catatan : Jadwal kegiatan sewaktu-waktu dapat berubah dan akan diumumkan melalui pemberitahuan lebih lanjut.

E. Tempat Pendaftaran

Pendaftaran calon peserta Seleksi Pengisian Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng bertempat di Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Soppeng, Jalan Pakkanrebete No. 90 Watansoppeng Telp. (0484) 21126.

F. Ketentuan Lain

1. Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang sudah lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
2. Bagi pelamar yang tidak memenuhi syarat seleksi administrasi, berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi arsip Panitia Seleksi;
3. Surat lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi disusun rapi dan diurutkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, disampaikan secara langsung dalam 1 (satu) amplop tertutup dan ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi;
4. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
5. Dalam seleksi ini peserta tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun.
6. Apabila dikemudian hari diketahui pelamar memberikan data/keterangan tidak benar, maka Panitia Seleksi berhak membatalkan hasil seleksi;
7. Setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui papan pengumuman Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Soppeng dan website https://bkpsdm.soppengkab.go.id/

*Sumber : PENGUMUMAN NOMOR : 02/PANSEL-JPTP/IX/2017, TENTANG SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SEKRETARIS DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN SOPPENG

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan