Hari Terakhir Seleksi Kompetensi, Calon Sekda Ekspose di Hadapan Tim Pansel
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Memasuki hari ketiga tahapan dalam Seleksi Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Soppeng, empat calon sekda melakukan test wawancara dan pemaparan atau ekspose makalah di hadapan Panitia Seleksi (Pansel), di ruang rapat STIA-LAN, Jalan AP. Pettarani, Makassar, Rabu (04/10/2017).

Dalam test tersebut, kurang lebih satu jam masing-masing calon Sekda melakukan ekspose isi makalah dengan judul yang berbeda dan ditanggapi langsung oleh ketujuh Pansel yakni yakni Ir. H. Abdul Latif, M.Si, MM selaku Ketua Pansel, dan masing-masing anggota Pansel yakni Prof. Amir Imbaruddin, MDA, Ph.D, Prof. Dr. A. M. Syukri Akub, SH, MH, Prof. Dr. Juanda Nawawi, M.Si, Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum, dan Dr. H. Muttaqim, MBA, serta Nurmal Idris, SE, MM.

Selain menanggapi makalah yang dipaparkan, Pansel juga melakukan wawancara terhadap calon Sekda yang menanyakan berbagai hal terkait dalam menduduki jabatan Sekda. Beberapa hal yang ditanyakan diantaranya tentang koordinasi dan masalah kepentingan dalam melaksanakan visi misi, keberadaan Sekda dalam mendukung visi politik, ekonomi dan Sosbud, Integritas Pejabat dan PNS, kebijakan yang harus dilaksanakan dalam keterkaitanya dengan diskresi, serta berbagai macam hal lainnya jika calon berhasil menduduki jabatan Skeda.

“Nampak anggota Pansel betul-betul mengorek informasi yang seluas-luasnya untuk menguji dan mengetahui wawasan serta kemampuan peserta sebagai calon Sekda Soppeng melalui penyampaian expose” kata Wakil Ketua tim Sekretariat Pansel yang juga Kepala BKPSDM Soppeng, Andi Mahmud.

“Test ini sebagai salah satu tahapan dalam menentukan calon untuk tiga besar yang selanjutnya akan direkomendasikan ke Pejabat Pembina Kepegawaian dan hal ini bapak Bupati Soppeng, mudah-mudahan bisa sesuai jadwal besok akan diumumkan hasil seleksi tahapan ini” tambah Andi Mahmud.

Ekspose yang dipandu oleh Ketua Pansel memberikan kesempatan kepada calon secara berurut yang diwali oleh Drs.H.A.Tenri Sessu, M.Si dengan judul makalah Terwujudnya Penyusunan Kebijakan, Pengkoordinasian Administratif dan Pelayanan Publik yang Lebih Baik, Drs. A. Fithratuddin dengan judul Harmonisasi dalam Tata Kelola Pemerintahan, dan Ir. H. Suryadi, MP dengan judul Mewujudkan SKPD Pemerintah Kabupaten Soppeng Sebagai Tim Kerja yang Efektif, Berkarakter dan Berintegritas, serta Dra. H. A.Nurlina, MM dengan judul makalah Menjadi Sekda yang Kreatif Dalam Membantu Tugas-Tugas Bupati Menuju ASN yang Berkualitas.

Proses seleksi tersebut juga turut disaksikan oleh para tim Sekretariat diantaranya Ketua yang juga Plt. Sekda, Nur Alam, SH, Wakil Ketua Andi Mahmud dan beberapa anggota lainnya yang menjadi tim Sekretriat.(Hasriadi)

Berita Lainnya

Berita Terbaru