Andi Tenri Sessu resmi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Soppeng. Jabatan tersebut resmi diduduki setelah Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengambil sumpah dan melantik Andi Tenri Sessu sebagai Sekda Soppeng pada Minggu malam (17/12/2017) di Kawasan Wisata Alam (KWA) Ompo, Soppeng.

Sebelumnya, dalam Surat Keputusan Keputusan Bupati Soppeng, Nomor : 1091/XII/2017 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kab. Soppeng memutuskan untuk mengangkat Drs. H. A. Tenri Sessu, M.Si dalam jabatan Sekda Kab. Soppeng, dan Keputusan tersebut dinyatakan berlaku sejak tanggal pelantikan.

(Baca : Ini Dia Tiga Calon Yang Lolos Seleksi Kompetensi Yang Akan dipilih Jadi Sekda Soppeng)

Terpilihnya Kepala Badan Pengelolaan dan Keuangan Daerah (BKPAD) Soppeng itu sebagai Sekda setelah melalui proses panjang yang dilakukan berdasarkan mekanisme kepegawaian yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Proses tersebut dimulai dengan tahapan pengumuman pendaftaran Sekda, Uji Kompetensi Calon Sekda, pelaporan hasil seleksi dan persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara, konsultasi dengan gubernur, yang pada akhirnya terbit SK yang diikuti dengan pengambilan sumpah dan pelantikan.

(Baca : Pansel Buka Pendaftaran Seleksi Terbuka Sekda Soppeng)

(Baca : Empat Calon Sekda Lolos Seleksi Administrasi)

Sebagai jabatan struktural puncak dalam Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten, Bupati Soppeng mengharapkan agar Andi Tenri Sessu dapat membantu dan mendukung Kepala Daerah dalam hal pemberdayaan organisasi Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya memenej, mengkoordinir, mensingkronisasikan, memberikan pembinaan dan memberdayakan pejabat-pejabat struktural dan tugas kegiatan pada setiap SKPD Kabupaten.

“Hal itu dalam rangka mewujudkan kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat agar harapan dan tuntutan masyarakat dapat terpenuhi” kata Andi Kaswadi Razak dalam sambutaannya.

(Baca : Calon Sekda Soppeng Ikuti Seleksi Kompetensi)

“komunikasi dan koordinasi baik antara pimpinan SKPD maupun dengan instansi lain di luar Pemda kabupaten, wajib untuk dikedepankan, khususnya dalam memenej keterkaitan tugas pokok dan fungsi setiap Instansi, agar tercipta kebersamaan dan tata kerja yang tertib dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing” tutur Bupati yang akrab disapa Andi Dulli itu.

Andi Tenri Sessu menggantikan Sekda sebelumnya yakni Nur Alam, SH, MH yang berstatus sebagai (Pelaksana Tugas) Plt. Sekda Soppeng. Bupati Soppeng juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Nur Alam yang telah melaksanakan tugas selaku Plt. Sekda. “dalam kurun waktu enam bulan, saudara telah melaksanakan tugas secara maksimal sehingga tugas pokok Sekda Soppeng tetap berjalan sebagaimana yang diharapkan” kata Bupati yang juga mantan Ketua DPRD Soppeng itu.

(Baca : Hari Terakhir Seleksi Kompetensi, Calon Sekda Ekspose di Hadapan Tim Pansel)

Pengambilan Sumpah dan pelantikan yang dilakukan di tempat yang memiliki history mata air Soppeng itu, turut disaksikan oleh ratusan undangan yang hadir, diantaranya, Wabup Soppeng, para pimpinan DPRD dan Forkopimda Soppeng, para pejabat eselon dan kepala sekolah, tokoh masyarakat dan pimpinan ormas serta undangan lainnya.(Hasriadi)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan