NAMA : Hj. SYAMSIAH, SE, M.Si
JABATAN : Kabid Kepegawaian
NIP : 19600831 199103 2 002

Tugas, Fungsi dan Rincian Tugas

(1) Bidang Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Bidang,  mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan perumusan kebijakan teknis, memberikan dukungan atas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, membina, mengoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan dibidang Kepegawaian sesuai  peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

(2) Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Bidang mempunyai fungsi :

a. Perumusan kebijakan teknis, perencanaan, monitoring dan pelaporan kegiatan dibidang Kepegawaian yang meliputi kegiatan  informasi kepegawaian, kesejahteraan dan disiplin,  mutasi, promosi dan pengadaan serta kepangkatan dan pemberhentian;
b. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan urusan  dibidang Kepegawaian yang meliputi kegiatan informasi kepegawaian, kesejahteraan, dan disiplin, mutasi, promosi dan pengadaan serta kepangkatan dan pemberhentian;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di lingkup bidang Kepegawaian;
d. Pelaksanaan fungsi  lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3) Rincian tugas sebagaimana dimaksud adalah sebagai berikut :

a. Merencanakan operasional kegiatan tahunan bidang sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata, serta memberi petunjuk kepada bawahan terkait perumusan kebijakan, operasionalisasi dan pelaporannya;  
c. Menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup bidang;
d. Mengatur pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup bidang;
e. Mengoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan dalam lingkup bidang;
f. Menyusun laporan dan memberi saran kepada atasan terkait pelaksanaan tugas;
g. Menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang Kepegawaian yang meliputi informasi kepegawaian, kesejahteraan dan disiplin, mutasi, promosi dan pengadaan serta kepangkatan dan pemberhentian;
h. Melakukan koordinasi dengan SKPD terkait terhadap penyelenggaraan program dan kegiatan di lingkup  bidang kepegawaian;
i. Menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan kepegawaian dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
j. Melakukan pembinaan dan penanganan serta pengelolaan administrasi   kepegawaian;
k. Melakukan pembinaan dan pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang kepegawaian;
l. Melakukan monitoring pelaksanaan tugas dan kegiatan di lingkup bidang Kepegawaian;
m. Melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan  kegiatan di lingkup  bidang kepegawaian;
n. Menilai prestasi kerja kepala sub bidang dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
o. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

Bidang Kepegawaian terdiri dari;
– Sub Bidang Inka, Kesejahteraan dan  Disiplin
– Sub Bidang Mutasi, Promosi dan Pengadaan
– Sub Bidang Kepangkatan dan Pemberhentian

 

  • Sub Bidang Inka, Kesejahteraan dan  Disiplin

NAMA : ASRIANI NUR, S.Kom
JABATAN : Kasubid Informasi Kepegawaian (Inka), Kesejahteraan dan Disiplin
NIP : 19861120 201001 2 032

Tugas, Fungsi dan Rincian Tugas

(1) Sub Bidang Inka, Kesejahteraan dan Disiplin dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di Sub Bidang Inka, Kesejahteraan dan Disiplin sesuai  peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

(2) Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Sub Bidang mempunyai fungsi :

a. Penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis di sub bidang inka, kesejahteraan dan disiplin;
b. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di sub bidang inka, kesejahteraan dan disiplin;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di sub bidang inka, kesejahteraan dan disiplin;
d. Pelaksanaan fungsi  lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3) Rincian tugas sebagaimana dimaksud sebagai berikut  :

a. Menyusun rencana kegiatan dan jadwal operasional tahunan sub bidang Inka, kesejahteraan dan disiplin sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
c. Menyelia, memeriksa, dan  mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup sub bidang;
d. Menyusun laporan dan memberi saran kepada atasan terkait pelaksanaan tugas;
e. Menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan sub bidang Inka, kesejahteraan dan disiplin serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
f. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis sub bidang inka, kesejahteraan dan disiplin;
g. Mengoordinasikan kegiatan dengan SKPD terkait sub bidang inka, kesejahteraan dan disiplin;
h. Melaksanakan pembinaan dan  pemberian dukungan atas sub bidang inka, kesejahteraan dan disiplin;
i. Memproses pelaksanaan Duk, Cuti, Buku Induk, Taspen, Karis/Karsu dan Bezetting ASN;
j. Memproses pelaksanaan pemberian penghargaan dan penjatuhan hukuman disiplin kepada ASN;
k. Merencanakan dan melaksanakan fasilitasi kelembagaan profesi ASN seperti organisasi Korpri dan lembaga profesi ASN lainnya;
l. Mengelola administrasi umum, kepegawaian dan kegiatan keorganisasian untuk mendukung tugas dan fungsi lembaga profesi ASN;
m. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan  pelaksanaan tugas dan kegiatan sub bidang inka, kesejahteraan dan disiplin;
n. Menilai prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
o. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

  • Sub Bidang Mutasi, Promosi dan Pengadaan

NAMA : JUSMI AKBAR, S.Kom
JABATAN : Kasubid Mutasi, Promosi dan Pengadaan
NIP : 19840804 200502 1 003

Tugas, Fungsi dan Rincian Tugas

1) Sub Bidang Mutasi, Promosi dan Pengadaan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan Sub Bidang Mutasi, Promosi dan Pengadaan sesuai peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

(2) Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Sub Bidang mempunyai fungsi :

a. Penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis di sub bidang mutasi, promosi dan pengadaan;
b. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di sub bidang mutasi, promosi dan pengadaan;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di sub bidang mutasi, promosi dan pengadaan;
d. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3) Rincian tugas sebagaimana dimaksud, sebagai berikut  :

a. Menyusun rencana kegiatan dan jadwal operasional tahunan sub bidang Mutasi, Promosi dan Pengadaan;
b. Membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
c. Menyelia, memeriksa dan mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup sub bidang;
d. Menyusun laporan dan memberi saran kepada atasan terkait pelaksanaan tugas;
e. Menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan sub bidang mutasi, promosi dan Pengadaan serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
f. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis sub bidang mutasi, promosi dan pengadaan;
g. Mengoordinasikan kegiatan dengan SKPD terkait Sub bidang mutasi, promosi dan pengadaan;
h. Melaksanakan pemberian dukungan atas sub bidang mutasi, promosi dan pengadaan;
i. Melaksanakan pembinaan pelaksanaan tugas di sub bidang mutasi, promosi dan pengadaan;
j. Memproses pelaksanaan mutasi, promosi dan pengadaan ASN;
k. Menyusun rencana kebutuhan, jenis dan jumlah jabatan untuk pelaksanaan pengadaan;
l. Melaksanakan administrasi penempatan dari dan dalam jabatan pegawai berdasarkan klasifikasi jabatan;
m. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan  pelaksanaan tugas sub bidang mutasi, promosi dan pengadaan;
n. Menilai prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
o. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

  • Sub Bidang Kepangkatan dan Pemberhentian

NAMA : RUSMAN, S. Sos, M.Si
JABATAN : Kasubid Kepangkatan dan Pemberhentian
NIP : 19780205 200502 1 003

(1) Sub Bidang Kepangkatan dan Pemberhentian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis, membina, mengoordinasikan dan melaksanakan program dan kegiatan di Sub Bidang Kepangkatan dan Pemberhentian sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

(2) Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Sub Bidang mempunyai fungsi :
a. Penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis di sub bidang kepangkatan dan pemberhentian;
b. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di sub bidang kepangkatan dan pemberhentian ;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di sub bidang kepangkatan dan pemberhentian;
d. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3) Rincian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut  :
a. Menyusun rencana kegiatan dan jadwal operasional tahunan sub bidang kepangkatan dan pemberhentian sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
c. Menyelia, memeriksa dan mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup sub bidang;
d. Menyusun laporan dan memberi saran kepada atasan terkait pelaksanaan tugas;
e. Menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan sub bidang kepangkatan dan pemberhentian serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
f. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis sub bidang kepangkatan dan pemberhentian;
g. Mengkoordinasikan kegiatan dengan SKPD terkait sub bidang kepangkatan dan pemberhentian;
h. Melaksanakan pembinaan dan  pemberian dukungan atas sub bidang kepangkatan dan pemberhentian;
i. Memverifikasi berkas usul kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala;
j. Memproses pengangkatan pertama dan pemberhentian/pembebasan sementara dari jabatan fungsional tertentu/umum dan jabatan struktural;
k. Menyelenggaran Ujian Dinas/Penyesuain Ijazah dan memproses dokumen usulan pensiun;
l. Memeriksa, meneliti dan menganalisis berkas dan/atau dokumen pemberhentian dan  pengusulan pensiun;
m. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan  sub bidang kepangkatan dan pemberhentian;
n. Menilai prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
o. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.