Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Sekretariat

NAMA : Drs. MARE’A
JABATAN : SEKRETARIS
NIP : 19611231 199103 1 046

Tugas, Fungsi dan Rincian Tugas

(1) Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan dalam rangka penyelenggaraan dan koordinasi pelaksanaan sub bagian umum dan kepegawaian, perencanaan, pelaporan, keuangan dan memberikan pelayanan administrasi dan fungsional kepada semua unsur dalam lingkungan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, sesuai peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

(2) Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud diatas, Sekretaris mempunyai fungsi :

a. perumusan kebijakan teknis di Sub Bagian umum, kepegawaian, perlengkapan, aset, perencanaan, pelaporan dan keuangan;
b. pemberian dukungan atas penyelenggaraan urusan di sub bagian umum, kepegawaian, perlengkapan, aset, perencanaan, pelaporan dan keuangan;
pembinaan dan pengkoordinasian pelaksanaan tugas di sub bagian umum, kepegawaian, perlengkapan, aset, perencanaan, pelaporan, keuangan;
c. pelaksanaan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan kesekretariatan;
d. pelaksanaan fungsi  lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3) Rincian tugas sebagaimana dimaksud sebagai berikut :

a. Merencanakan operasional kegiatan tahunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata, serta memberi petunjuk kepada bawahan terkait perumusan kebijakan, operasionalisasi dan pelaporannya;  
c. Menyelia pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup sekretariat;
d. Mengatur pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup sekretariat;
e. Mengoordinasikan dan mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan dalam lingkup sekretariat;
f. Menyusun laporan dan memberi saran kepada atasan terkait pelaksanaan tugas;
g. Merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan dan mengendalikan serta menetapkan kebijakan di sub bagian umum, kepegawaian, perencanaan dan pelaporan serta pengelolaan keuangan dan perlengkapan;
h. Mengelola dan mengoordinasikan pelaksanaan pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh satuan organisasi dalam lingkup Badan kepegawaian, dan pengembangan sumber daya manusia;
i. Mengelola dan mengoordinasikan pelaksanaan urusan umum, perlengkapan dan kepegawaian;
j. Mengelola dan mengoordinasikan pelaksanaan urusan perencanaan dan pelaporan serta pengelolaan keuangan;
k. Mengoordinasikan penyiapan bahan dan penyusunan RKA, DPA, LAKIP, RENSTRA dan RENJA dan/atau dokumen perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
l. Menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan kesekretariatan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
m. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan hasil pelaksanaan tugas sub bagian dalam lingkup sekretariat;
n. Menilai prestasi kerja kepala sub bagian dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
o. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

Sekretariat terdiri dari :
– Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
– Sub Bagian Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan.

 

  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

NAMA : Hj. SUMARNI            
JABATAN : Kasubag Umum dan Kepegawaian
NIP : 19611221 198603 2 009

Tugas, Fungsi dan Rincian Tugas

(1) Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan, menghimpun mengelola dan melaksanakan administrasi, urusan ketatausahaan Badan meliputi pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyurat, kearsipan, protokol, perjalanan dinas, tatalaksana, perlengkapan, kepegawaian, dan tugas umum lainnya sesuai peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

(2) Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

a. penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis di sub bagian umum dan kepegawaian;
b. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di sub bagian umum dan kepegawaian;
c. pembinaan dan pengoordinasian pelaksanaan tugas di sub bagian umum dan kepegawaian;
d. pelaksanaan fungsi  lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3) Rincian tugas sebagaimana dimaksud sebagai berikut :

a. Menyusun rencana kegiatan tahunan sub bagian umum dan kepegawaian sebagai podoman pelaksanaan tugas;
b. Membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi yang merata;
c. Menyelia dan memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup sub bagian;
d. Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup sub bagian;
e. Menyusun laporan dan memberi saran kepada atasan terkait pelaksanaan tugas;
f. Mengelola dan melaksanakan urusan rumah tangga dan surat menyurat;
g. Mengelola dan melaksanakan urusan yang terkait dengan  kearsipan;
h. Mengelola dan melaksanakan urusan yang terkait dengan keprotokoleran dan perjalan dinas;
i. Mengelola dan melaksanakan urusan yang terkait dengan ketatalaksanaan;
j. Mengelola dan melaksanakan urusan yang terkait dengan  perlengkapan;
k. Mengelola dan melaksanakan urusan yang terkait dengan administrasi  kepegawaian;
l. Mengelola dan melaksanakan urusan umum lainnya;
m. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan kegiatan sub bagian;
n. Menilai prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
o. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh pimpinan baik secara lisan maupun tertulis.

 

  • Sub Bagian Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan

NAMA : ISWOYO, S.Kom
JABATAN : Kasubag Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan
NIP : 19790915 200502 1 006

Tugas, Fungsi dan Rincian Tugas

(1) Sub Bagian Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian, mempunyai tugas memimpin dan melaksanakan penyiapan bahan, menghimpun, mengelola dan melaksanakan administrasi urusan perencanaan, pelaporan dan keuangan serta melakukan pembinaan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan perencanaan, pelaporan dan keuangan sesuai peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas.

(2) Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Sub Bagian Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan mempunyai fungsi:

a. penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis di sub bagian Perencanaan, pelaporan dan keuangan;
b. pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas di sub bagian perencanaan, pelaporan dan keuangan;
c. pembinaan dan pelaksanaan tugas di sub bagian perencanaan, pelaporan dan keuangan;
d. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3)    Rincian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang terkait dengan perencanaan dan pelaporan sebagai berikut :

a. Menyusun rencana kegiatan dan jadwal operasional tahunan serta penganggaran Badan Kepegawaian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Membagi tugas kepada bawahan agar tercipta distribusi tugas yang merata;
c. Menyelia dan memeriksa hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup sub bagian;
d. Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas pokok organisasi agar berjalan sesuai rencana, tepat waktu, berkualitas dalam lingkup sub bagian;
e. Menyusun laporan dan memberi saran kepada atasan terkait pelaksanaan tugas;
f. Menghimpun dan mempersiapkan bahan penyusunan laporan, daftar usulan kegiatan, dan daftar gaji serta melaksanakan penggajian;  
g. Mengoordinasikan pelaksanaan perencanaan program dan kegiatan, pelaporan dan Keuangan, dan pengendalian tugas pembantu pemegang kas;
h. Menginventarisir permasalahan-permasalahan pelaksanaan program kegiatan, proses administrasi terkait dengan penatausahaan keuangan daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
i. Melaksanakan penyiapan bahan dan penyusunan RKA, DPA, LAKIP, RENSTRA, RENJA dan/atau dokumen perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
j. Melakukan pengumpulan data realisasi capaian kinerja bulanan, perbendaharaan keuangan, dan melaksankan verifikasi anggaran;
k. Melakukan pengolahan data laporan capaian kinerja triwulan, semester, dan penyusunan rencana anggaran untuk periode lima tahunan dan tahunan;
l. Melakukan pengolahan data LAKIP SKPD, dan pengolahan data revisi anggaran untuk kebutuhan rencana kerja tahunan SKPD dan pembukuan pelaporan keuangan;
m. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan kegiatan sub bagian;
n. Menilai prestasi kerja bawahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.